PERINGATI HARI SEJUTA POHON, POLTEKKES KEMENKES PANGKALPINANG TANAM MANGROVE

20 January 2020 News

Pohon adalah salah satu organisme ciptaan Tuhan yang sangat memberi banyak  manfaat kepada seluruh makhluk. Kita bisa mendapatkan apapun kebutuhan kita dari pohon, seperti dijadikan sebagai sumber pangan,sandang, papan, dan yang paling utama adalah pohon merupakan  sumber pemberi kehidupan bagi setiap makhluk yang bernyawa ,seperti yang kita ketahui bahwa pohon yang menghasilkan oksigen yang sangat diperlukan oleh makhluk hidup untuk mempertahankan kehidupannya,tanpa oksigen tidak aka n ada kehidupan di Bumi. Mengingat berjuta  manfaat yang telah pohon berikan kepada kita,  maka  orang-orang sedunia sepakat untuk satu hari setiap tahunnya  dijadikan  sebagai hari peringatan internasional yaitu Hari Gerakan Sejuta Pohon Sedunia.

     Pada Peringatan Hari Gerakan Sejuta  Pohon Sedunia, Poltekkes Kemenkes Pangkal Pinang  juga tidak  ketinggalan moment  dalam  peringatan tersebut. Tepatnya  Pada hari Sabtu 18 Januari 2020 pukul 14.00 WIB. Poltekkes Kemenkes Pangkal Pinang  menggelar penanaman pohon Mangrove sebagai bentuk  Peringatan Hari Gerakan Sejuta Pohon Sedunia, yang dimana kegiatan tersebut berlokasi di TN Desa Rebo,Lintas Timur,Sungailiat ,Kabupaten Bangka. Kegiatan ini melibatkan beberapa orang mahasiswa dan  para warga Desa Rebo. Ada sekitar 500 batang pohon mangrove yang ditanam di lokasi, yang dimana 500 batang pohon mangrove tersebut diperoleh dari Wisata Mangrove Munjang ,Kurau Barat.  Penanaman dilakukan oleh BEM(Badan Eksekutif Mahasiswa) dan  UKM(Unit Kegiatan Mahasiswa) yang dibantu oleh warga desa setempat. Beberapa  mahasiswa perwakilan dari

 BEM(Badan Eksekutif  Mahasiswa) , HMP (Himpunan Mahasiswa Prodi) Dari Prodi Keperawat dan Farmasi, Serta UKM(Unit Kegiatan Mahasiswa)  dari UKM LDK Asy-Syifa, UKM Volly, UKM Paduan Suara ,dan UKM Futsal Poltekkes Kemenkes Pangkal Pinang yang menjadi Relawan.

     Ada sekitar 33 orang Relawan yang turut andil dalam penanaman pohon mangrove. Kegiatan ini juga dihadiri oleh Wadir 3 ibu Ade Devriany,SKM.,M.Kes dan Kaur Kemahasiswaa n Poltekkes Pangkal Pinang ibu Maya,Am.Keb yang dimana keduanya ikut serta menjadi relawan Gerakan  Sejuta Pohon. Tidak hanya penanaman pohon  mangrove,para Relawan  juga melakukan kegiatan bakti sosial  membersihkan sampah –sampah di sekitaran  lokasi penanaman guna menjaga kebersihan  dan ekosistem pada lokasi tetap terjaga dengan baik . Kemudian, seusai penanaman  mangrove para Relawan menuju pantai Takari yang tempatnya tidak jauh dari lokasi penanaman.  Kegiatan ditutup dengan  makan bersama,istirahat,bersantai sambil bercengkrama para relawan sambil menikmati suasana pantai.

    “Sebenarnya Kegiatan ini merupakan Program kerja tahunan  dari  BEM(Badan Eksekutif Mahasiswa) Poltekkes Pangkal Pinang dan FORKOMPI(Forum Komunikasi Poltekkes Se Indonesia) tapi memang setiap tahun bentuk kegiatan dan lokasi pelaksanaannya berbeda, dan di tahun ini kita mengusung tema” Si Hijau Pemberi Kehidupan” dengan penanaman pohon mangrove” Ujar Ranti Arifah sebagai Ketua Pelaksana Kegiatan.  Pernyataan  dari ketua pelaksana kegiatan telah menyebutkan bahwa setiap tahunnya mereka selalu memperingati Hari Gerakan Sejuta Pohon yang dari dulu telah menjadi program kerja tahunan BEM(Badan Eksekutif Mahasiswa ) Poltekkes Kemenkes Pangkal Pinang  yang harus dilaksanakan.

     Kepala Desa Rebo yang diwakili oleh Sudiryanto dan juga selaku Kepala Dusun Tanjung Ratu mengatakan ,”dengan adanya kegiatan ini bisa memicu anak-anak muda lainnya untuk peduli dengan lingkungan terutama didaerah pesisir seperti ini.” Ucapnya Bangga.

Tujuan kegiatan yang mereka lakukan  ini adalah bentuk kecintaan mereka terhadap Alam. Dan dapat disimpulkan bahwa  mereka menaruh  harapan agar masih ada, masih banyak lagi para generasi muda yang sadar akan lingkungan, yang cinta terhadap alam sekitar ,dan selalu menjaga kelestarian ekosistem yang ada di daur kehidupan, yang mana pada akhirnya akan memberikan manfaat itu sendiri pada kehidupan kita kedepannya.  Lihat bagaimana langkah kecil dengan satu pohon yang kita tanam akan memberikan berjuta manfaat. Ini adalah hari pohon,mari kita rawat hutan kita dan jaga ekosistem laut agar dunia tetap layak untuk ditempati.

  • Upcoming Events

    • Sosialisasi Aplikasi SIPEKA dan SIBULAT

      24 May 2018

      Pada hari Kamis tanggal 24 Mei 2018 akan diadakan sosialisasi Aplikasi Sistem Informasi Penilaian Kinerja dan Sistem informasi usulan kebutuhan ...MORE

    • Pelaksanaan Uji Tulis Sipenmaru

      30 May 2018

      Pada tanggal 30 Mei 2018, Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang akan melaksanakan Uji Tulis Sipenmaru. Kegiatan ini akan dilaksanakan di Gedung Kuliah ...MORE

  • Statistics

© 2018 || Urusan Sistem Informasi || Raissa Nurfitasari, S.Kom || Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang.